Sabtu, 25 Juni 2016

5 Tips Sukses menjadi Penulis Biografi





            Kini menulis bukan hanya sekedar hobi saja. Namun, menulis bisa dijadikan sebuah bisnis yang menjanjikan. Tentunya jika ditekuni dengan serius, sabar dan semangat. Salah satunya adalah menulis biografi. Kegiatan menulis ini bisa dijadikan sebagai proyek yang menguntungkan bagi penulis.
Banyak  tokoh, pengusaha, artis bahkan politikus yang ingin menuliskan kisah hidupnya namun mereka tidak mampu menulis atau tidak memiliki waktu untuk menulis karena kesibukannya. Disinilah peran penulis untuk menuliskan biografi mereka.
Beberapa tokoh memiliki tujuan berbeda ketika menulis kisah hidupnya. Ada yang
menulis biografi untuk mengabadikan kisah hidupnya agar dapat dibaca oleh anak cucunya kelak. Hanya ingin berbagi ilmu dan pengalaman hidup sehingga menjadi inspirasi bagi orang lain. Untuk membangun image positif sehingga meningkatkan popularitasnya.
Apapun tujuan mereka yang jelas para penulis biografi harus mampu menulis dengan profesional. Para tokoh yang dituliskan kisah hidupnya biasanya berani membayar mahal untuk penulisnya. Sehingga memberikan keuntungan besar bagi para penulis. Tertarik menjadi penulis biografi?
Yuk kita pelajari tips sukses menjadi penulis biografi!
1.      Memiliki ilmu dan pengetahuan tentang menulis
Ini adalah modal utama penulis memiliki ilmu dan pengetahuan seputar kepenulisan. Salah satunya adalah mengubah informasi dari hasil wawancara menjadi sebuah tulisan yang menarik
2.      Memilih moment yang tepat untuk mempromosikan jasa penulisan biografi
Biasanya ketika tokoh menjelang pensiun adalah moment yang tepat untuk menuliskan perjalanan kariernya. Atau ketika seorang tokoh berhasil meraih kesuksesan dalam bidang tertentu.
3.      Membangun jaringan
Bangunlah akses untuk bisa berkenalan dengan beberapa tokoh yang bisa kita jadikan sebagai klien untuk menulis biografinya.
4.    Menawarkan jasa penulisannya dengan mengajukan proposal yang dilengkapi dengan CV penulis
5.   Jika klien sudah bersedia maka diskusikan rencana penulisan dan jangan lupa untuk menyertakan kontrak tertulis. Kontrak tertulis untuk memperjelas hak dan kewajiban antara penulis dan klien.
            Bagi anda yang ingin menjadi penulis  Indscript Training Center menyediakan beberapa training seputar kepenulisan termasuk bagaimana menulis biografi yang menarik. Training yang akan langsung di bimbing oleh Teh Indari Mastuti. Beliau pernah menulis biografi Brownies Amanda, perjalanan karir Prof Dinan S. Bratakoesoema, kisah keluarga Gouw Tjioeng Yun, dan kisah para profesional serta pengusaha lainnya.  
Yuk gabung sekarang juga!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar