Jumat, 17 Juni 2016

8 Modal Yang Harus Dimiliki Penulis





Apakah anda ingin jadi seorang penulis?
Maka harus memiliki modal.

 



      Profesi apapun yang kita jalani maka kita membutuhkan modal agar dapat berjalan. Pedagang sudah pasti membutuhkan modal agar dapat menjalankan usahanya. Begitu pula dengan penulis. Untuk menjadi penulis profesional maka penulis wajib memiliki modal.
Jadi modal apa yang dibutuhkan penulis?
1.      Niat
Niat kuat dalam diri adalah motivasi terbesar seseorang. Maka yang pertama adalah memiliki niat yang kuat menjadi seorang penulis.
2.      Semangat
Apapun rintangan dan kesulitan menjadi seorang penulis dapat dilewati jika kita memiliki semangat penulis. Semangat inilah yang mampu menghasilkan karya besar yang menginspirasi banyak orang.
3.      Kepeduliaan terhadap kejadian di sekitar
Penulis harus memiliki kepedulian terhadap lingkungannya. Dari rasa peduli inilah akan menghasilkan tulisan yang berasal dari hati. Tulisan yang menggugah pembaca tentang bencana alam, kemanusiaan dan perjuangan. Tulisan inilah yang mengetuk hati dermawan untuk mengulurkan tangannya untuk membantu sesama.
4.      Kesungguhan
Apapun profesi kita  bersungguh-sungguh ketika menjalaninya adalah hal yang harus dilakukan. Karena dengan kesungguhan ini seseorang akan bekerja secara profesional. Begitu pula dengan penulis
5.      Pengetahuan
Bisa dibayangkan jika penulis minim pengetahuan. Maka dia tidak akan tahu apa yang harus ditulisnya. Maka, jadilah penulis yang rajin membaca untuk memperkaya pengetahuan dan wawasan. Semakin banyak yang kita ketahui maka akan semakin banyak yang kita tulis.
6.      Imajinasi
Imajinasi tidak hanya dimiliki oleh penulis fiksi. Penulis nonfiksi pun harus memiliki imajinasi. Karena imajinasi ini adalah bentuk dari kreativitas penulis.
7.      Kosa kata
Nah, ini yang harus dimiliki penulis bahkan sebelum menjadi penulis. Diksi yang bervariatif akan memberikan warna untuk sebuah tulisan. Sehingga membuat tulisan kita tidak monoton. Setiap kata memiliki sinonim yang bisa kita gunakan ketika menulis.
8.      Kemampuan bahasa
Menulis merupakan salah satu teknik komunikasi yang membutuhkan kemampuan bahasa. Maka penulis harus belajar tentang bahasa tulisan untuk menghasilkan tulisan berkualitas.

      Jika anda ingin menjadi penulis hebat maka milikilah modalnya. Apapun yang kita lakukan itulah hasil yang akan kita dapatkan
Semangat menulis!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar