Minggu, 29 Mei 2016

Jenis Biografi

Biografi adalah sebuah tulisan yang menggambarkan tentang kisah hidup seseorang. Diceritakan dalam beberapa kalimat bahkan lebih dari satu buku. Menulis biografi tidak hanya untuk orang terkenal atau tokoh berpengaruh saja. Namun setiap orang boleh menuliskan biografi kehidupannya. Selama dia yakin akan memiliki dampak positif dan bermanfaat bagi orang lain. Tertarik menulis biografi?

Sebelum menulis biografi yuk, kita kenalan dengan jenis biografi!

Terdapat 4 jenis biografi yang harus kita ketahui. Yaitu biografi berdasarkan sisi penulis, berdasarkan isinya, berdasarkan persoalan yang dibahas dan berdasarkan penerbitannya.
Masih bingung ya maksudnya seperti apa? yuk, kita belajar penjelasannya di bawah ini!
1. Biografi berdasarkan sisi penulis
Jenis ini terdiri dari biografi dan autobiografi. Biografi adalah sebuah kisah hidup seseorang yang ditulis oleh orang lain. Penulisannya atas izin dan sepengetahuan tokohnya disebut authorized biograph. Adapula kisah yang ditulis tanpa izin dan sepengetahuan tokoh biasanya tokoh tersebut sudah wafat biografi ini disebut unauthorized biography. Sedangkan autobiografi ditulis sendiri oleh tokohnya.

2. Berdasarkan isinya
Berdasarkan isinya terbagi menjadi dua yaitu biografi tentang perjalanan hidup seseorang dengan cerita yang menarik dan penuh inspirasi juga motivasi. Perjalanan karier seseorang ketika memulai kariernya dari nol hingga sukses.

3. Berdasarkan persoalan yang dibahas
Tokoh apa yang akan kita angkat kisahnya untuk dijadikan dalam biografi. Biografi politik biasanya menuliskan tokoh yang dilihat dari sudut pandang politik. Intelektual biografi disusun berdasarkan riset kemudian penulis menuangkan tulisannya dalam gaya penulisan iilmiah. Biografi sastra atau jurnalistik, penulisannya dilakukan dengan mewawancara salah satu tokoh yang akan kita tulis biografinya.

4. Berdasarkan penerbitannya
Terdiri dari dua jenis yaitu penerbitan buku sendiri dan buku subsidi. Untuk buku sendiri biasanya memuat tokoh yang menarik publik, dengan seluruh biaya ditanggung oleh produsen. Buku subsidi, seluruh biaya dilakukan oleh sposor.

Setelah mengetahui jenis biografi, sekarang tinggal tentukan jenis biografi mana yang akan kita tulis. Jika anda seorang pebisnis sukses cobalah membuat autobiografi tentang kesuksesan bisnis anda. Ingat lho! pebisnis harus bisa menulis juga. Atau jika anda seorang penulis mulailah lirik tokoh mana yang bisa anda dekati untuk diajdikan  bahan tulisan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar