Kamis, 26 Mei 2016

Membaca Modal Penulis



Di sebuah meja terdapat beberapa gelas kosong yang siap diisi air. Namun di teko yang besar tak ada sedikitpun air yang bisa dituangkan. Lalu apa yang terjadi?
Segera masak air agar gelas kosong dapat diisi.
Hal yang sama dengan ilmu atau ide yang kita miliki dalam menulis. Jika kita tak memiliki ide maka apa yang akan kita tulis pada sebuah kertas kosong. Untuk menuangkan sebuah ide dalam tulisan maka kita harus memiliki modal. Apa sih modal penulis?
Modal penulis adalah membaca. Karena dengan membaca penulis akan banyak mengetahui segala hal dan menuangkannya dalam tulisan.
Dalam dunia kepenulisan antara membaca dan menulis adalah sesuatu yang sudah digariskan selalu beriringan. Seorang penulis haruslah seorang pembaca.
Penulis yang baik adalah mereka pembaca yang baik pula. Penulis produktif adalah para pembaca yang tak bisa melewatkan hari tanpa membaca.
Kenapa penulis harus menjadi pembaca yang baik?
Motivasi menulis terkadang datang ketika kita membaca para penulis hebat yang sukses. Ide akan mengalir dengan mudah jika kita sering membaca. Karena dengan membaca kita akan menangkap beragam pengetahuan dan informasi. Inilah yang bisa kita jadikan sebagai ide tulisan.
Membaca akan menambah perbendaharaan kata. Dengan membaca kita akan menemukan ribuah kosa kata baru. Hal inilah yang akan membantu kelancaran dalam menulis. Membaca akan menambah ketenangan dan motivasi. Membaca akan sangat berpengaruh pada pribadi kita. Terkadang tingkah laku dan tutur kata seseorang tergantung apa yang dibacanya. Jika dia senang membaca buku religi maka akan tampak tenang dan segala  sesuatu akan dikaitakan dengan hal religius. Berbeda dengan orang yang senang membaca buku motivasi maka menjalani kehidupan lebih semangat dan optimis.
Sebenarnya membaca bukanlah ritual yang wajib bagi penulis saja. Jauh sebelum hadirnya profesi menulis. Wahyu yang pertama di terima oleh Nabi Muhammad adalah tentang perintah untuk membaca. Maka siapapun kita, apapun profesi kita sempatkanlah untuk membaca. Karena membaca akan membuka cakrawala dunia.
Selamat membaca!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar